Langsung ke konten utama

Cara Mudah Memprogram RFID MFRC522 Dengan Arduino

Ini adalah program paling sederhana dari semua program RFID menggunakan MFRC522 yang pernah ada di dunia. hehe


Yang belum tau apa itu RFID? RFID intinya kamu mengakses sesuatu menggunakan Tag yang berbentuk kartu atau gantungan kunci, dimana kartu ini cukup didekatkan saja ke sensor penerima maka kamu sudah bisa mengakses yang kamu butuhkan.


Contoh untuk akses buka kunci pintu, akses lampu rumah, menyalakan alat, dan sebagainya.

Sebelum mencoba RFID, pastikan kamu sudah menyiapkan:

1x Arduino Uno
1x RFID RC522
7x Kabel Jumper
1x Tag (kartu / gantungan kunci)

Jika sudah kamu siapkan, lanjutkan dengan merangkai seperti gambar dibawah ini:
Nah sebelum masuk pemrograman, ada library yang perlu kamu install ke Arduino Uno kamu terlebih dahulu. Silahkan Download librarynya di Link bawah ini:

RFID.zip
RFID Master.zip

Silahkan Add kedua Library tersebut ke dalam Software Arduino IDE kamu. Bagi yang belum tau bagaimana cara Add library ke Arduino silahkan buka tutorial dibawah ini:

Bagaimana Cara Memasukan Library Ke Aplikasi Arduino IDE?


Jika sudah di Add, silahkan salin ulang atau ketik ulang program arduino dibawah ini:
#include <SPI.h>
#include <RFID.h>
#define SS_PIN 10
#define RST_PIN 9
RFID rfid(SS_PIN,RST_PIN);
void setup() {
  Serial.begin(9600);                   
  SPI.begin();
  rfid.init();
}
void loop() {
  if(rfid.isCard()){
    if(rfid.readCardSerial()){
      Serial.print(rfid.serNum[0]);
      Serial.print(" ");
      Serial.print(rfid.serNum[1]);
      Serial.print(" ");
      Serial.print(rfid.serNum[2]);
      Serial.print(" ");
      Serial.print(rfid.serNum[3]);
      Serial.print(" ");
      Serial.println(rfid.serNum[4]);
      }
   }
}
Selanjutnya tekan Upload. Jika sudah Done Uploading, buka Serial Monitor dan dekatkan Tag ke Sensor RFID nya. Maka akan muncul Kode dari Tag RFID tersebut, setiap Tag akan memiliki kode yang unik.


Nomer-nomer tersebut adalah kode pada TAG, setiap TAG baik itu yang berupa kartu maupun gantungan kunci, memiliki kode yang berbeda-beda.

Berikutnya kita akan belajar untuk menampilkan Nama pada LCD ketika Tag didekatkan ke RFID. Jadi pantengin terus ya Kelas Robotnya. See you!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Pemrograman Dasar Arduino!

Yang yang baru pertama kali belajar arduino silahkan masuk dulu ke KELAS ARDUINO . Seperti yang saya bilang pada postingan sebelumnya, bahasa pemrograman Arduino mirip bahasa C yang digunakan pada AVR. Akan tetapi lebih sederhana, dan lebih mudah untuk dipelajari. Ada yang bilang juga bahwa bahasa pemrograman Arduino adalah bahasa processing. Bagi saya bahasa pemrograman yang digunakan pada Arduino adalah bahasa pemrograman Arduino ;) hehe Nah pada kelas ini saya ingin mengajak kamu untuk belajar Bahasa Pemrograman Dasarnya. Penting sekali, supaya saat dipembahasan selanjutnya saya kasih kamu contoh program. Kamu sudah bisa memahami dan tidak bingung, karena kamu sudah tahu dasarnya. Ok! Baiklah kita akan mulai dari: void setup () { // semua kode yang disini akan dibaca sekali oleh Arduino } void loop () { //semua kode yang ada disini akan dibaca berulang kali (terus menerus) oleh Arduino } Semua kode program yang ada dalam void setup akan dibaca sekali oleh A

Cara Mudah Program Sensor Suhu Dan Kelembaban DHT11 Dengan Arduino

Sebelumnya kita pernah mencoba Sensor Suhu LM35 , dengan berbagai macam percobaan kreatifnya. Masih dengan tema yang sama, kita akan mencoba Sensor Suhu dan Kelembaban DHT11 . Ya satu sensor ini, bisa baca suhu ( temperature ) dan juga kelembaban ( humidity ). Sensor Suhu dan Kelembaban DHT11 Jika kamu menggunakan Modul, kamu bisa langsung memasang ke Arduinonya. Tapi jika ingin mencoba pada breadboard, maka siapkanlah: 1x Breadboard 1x Arduino 1x DHT11 Sensor 1x Resistor 10 Kilo Ohm 5x kabel Jumper male-male Lalu buatlah rangkaian seperti gambar dibawah ini: NOTES: Hubungkan kaki ke-1 DHT11 ke 5V Arduino Hubungkan kaki ke-2 DHT11 ke pin 2 Arduino dengan menggunakan Resisitor 10 Kilo Ohm , hubungkan kaki ke-2 DHT11 ke 5V Arduino . Hubungkan kaki ke-4 DHT11 ke GND Arduino Untuk kaki Ke-3 DHT11 kita abaikan saja :D Dengan rangkaian yang seperti diatas saya buat DHT11 saya menjadi DIY Modul. Yang mana has

Membuat Jam Digital Dengan Arduino Uno, RTC DS1302, dan LCD i2C!

Kita akan membuat Jam Digital menggunakan Arduino Uno sebagai Controllernya, RTC DS1302 sebagai data untuk waktu dan tanggalnya, dan LCD i2C untuk menampilkan data waktu dan tanggalnya. Ini merupakan gabungan dari postingan sebelumnya, jadi yang belum coba saya sarankan coba dulu kedua posting berikut: Cara Simpel Program LCD i2C 16x2 Menggunakan Arduino Cara Mudah Program RTC Module DS1302 Jam Digital Dengan Arduino Ok! Yang harus kamu siapkan adalah... 1x Arduino Uno 1x RTC DS1302 1x LCD i2C 9x Kabel Jumper Male-Female Pasanglah seperti pada gambar rangkaian dibawah ini: Sebelum masuk ke-pemrograman ada 2 library yang harus kamu masukan ke Arduino. Library lCD i2C dan Library untuk RTCnya, silahkan Download dulu lewat Link di bawah ini: DOWNLOAD LIBRARY LiquidQrystal_i2c (DROPBOX) DOWNLOAD LIBRARY virtuabotixRTC (DROPBOX) Bagi yang masih bingung cara masukin Library ke aplikasi arduinonya,